prev next

Mengconvert file MKV menjadi AVI

Posted on 21.13 by Aprilia Fransischa

Dewasa ini sudah banyak DVD player yang support playback untuk file AVI. DVD jenis ini sudah banyak beredar di pasaran, biasanya juga disertai dukungan port USB. Salah satunya adalah Philips DVP-3260K (seperti yang saya miliki). Hal ini tentu menyenangkan, karena kita bisa memutar file AVI yang biasanya hanya diputar di komputer. Selain itu bagi para kutu bandwidth, downloader  film akan lebih mudah lagi bagi mereka untuk memutar film hasil download dari internet. Karena biasanya file yang dari internet berformat AVI.
Selain AVI, film yang didownload dari internet ada juga yang berformat MKV. Format ini lumayan baru (tapi tidak baru banget, dah agak lama) merupakan format file matroska. Biasanya file format MKV digunakan untuk film yang berkualitas tinggi, tipe-tipe HD Movie. MKV bisa diputar di DVD juga gak? Nah itu masalahnya… sepertinya belum ada yang menyediakan playback untuk MKV.
Yaaah… udah download gak bisa diputar di DVD donk… capeee deee… gimana siiy… gimana donk… payah nih… aaaah…. tempe niiy… saya jual kamu nanti… *maaf gara-gara chaos@work nih.. jadi ketularan*
Tenang… sabar… kan MKV nya bisa diubah menjadi AVI (bukan yang di Indosiar loh ya…). Ini saya mau ceritain gimana caranya mengubah MKV menjadi AVI, siapkan buku catatan kalian…
Sebenarnya pengalaman saya merubah MKV menjadi AVI ini agak2 berliku (biar dramastis dikit). Setelah melewati beberapa kali riset dan benchmarking beberapa aplikasi converter, akhirnya saya menemukan satu aplikasi yang menurut saya “user friendly a.k.a mudah digunakan”, kinerjanya cepat, dan fiturnya cukup lumayan, serta yang terpenting hasilnya OK dan bisa diputar di DVD. Karena ada beberapa converter yang hasilnya setelah saya coba putar di DVD player ternyata tidak bisa.
Nama Converter pilihan saya tersebut adalah “SUPER”, buatan “eRightSoft“. Aplikasi ini bisa didownload gratis dari internet ( gratis… enak to.. asyik to.. manthab to…). Ok, berikutnya jika sudah mendapatkan aplikasi SUPER sekarang saatnya hands on… workshop dimulai…
Berikut adalah tampilan dari SUPER
SUPER
SUPER
Beeeeuuuh…. katanya user friendly, mudah digunakan kok tampilanya ruwet ribet gitu… :(
Tenang… tidak semua parameter seting harus kita pahami… tapi lebih baik emang paham sih. Tapi saya juga gak paham semuanya, berhasil convert ke AVI dan bisa diputar di DVD (hahaha dasar tempe..).
Ok kita mulai…
Pertama pilih output containernya adalah AVI (karena kita mau convert ke AVI). Output video codec dan audio codecnya saya biarkan defaultnya saja, yaitu video codec:MPEG-4 dan audio codec:MP3. Terus FFmpeg or Mencoder juga saya biarkan apa adanya (karena saya gak ngerti apaan tuh… hahahaha)
Berikutnya video scale size, ini adalah scala perbandingan skala videonya. Untuk video scale size ini saya pilih 384:288. Jika ingin video hasil convert nanti skala videonya sama dengan file MKV nya, pilih saja “no change”.  Aspect adalah skala perbandingan ukuran di layar, apakah nanti ingin menjadi widescreeen, full biasa. Disini saya pilih 4:3, ikut setingan yang ada di DVD player saya. Frame/Sec biasanya rekomendednya minim 25 fps. Triknya untuk Frame/Sec ini adalah lihatlah properti file MKV yang sudah didownload. Lihat berapa fpsnya, nah sesuaikan saja dengan file MKV tersebut. Bitrate adalah video codec bitrate, semakin tinggi kualitas videonya akan semakin bagus, tentunya ukuran file hasilnya nanti akan semakin besar. Di bagian options pilih Hi Quality.
Untuk Sampling freq audio saya pilih 22050 (jangan tanya kenapa, saya juga gak tau udah kepilih segitu). Channels digunakan untuk apakah nantinya suaranya stereo atau mono. Saya pilih stereo. Audio bitrate sama seperti video bitrate, semakin tinggi semakin bagus. Biasanya saya pilih 112 atau 96. Untuk language saya pilih default saja.
Nah selanjutnya masukkan file MKV nya… bisa dengan drag n drop file MKV tersebut, atau klik kanan trus pilih add multimedia files. Jika sudah masuk, saatnya mengconvert… klik deh tombol encode (active files).
Tinggal tunggu saja… hingga selesai… copy ke flash disk, atau burn ke CD lalu mainkan di DVD
Selamat mengconvert….
dhimzSeptember 4th, 2009 at 11:24 pm
wah pas benget niih. lagi pengen ngovert film2 HD karna hardware saya gak kuat maenkannya. hehe
weqOctober 23rd, 2009 at 2:16 pm
file matroska kan biasanya diselipin subtittle yg misah jg dr videonya, cuman satu file aja
nah,
kita covert mvk ke avi, terikud ngk subnya ?
TazzdNovember 2nd, 2009 at 12:24 am
setuju, gue selama ini make SUPER gak ada masalah.. tapi giliran gue mo convert MKV ke AVI, kok ditulis disitu file error, file tidak dikenal ya??? akhirnya gak diterusin de convertannya ama si Super… kenapa begitu ya? filenya 1,6GB.. pengaruh gak ya? Tolong diberikan pencerahannya secerah2nya.. hehehe..
budiNovember 14th, 2009 at 10:31 am
koko ukuran out put nya kecil,,,ndak sebesar file input alias kepotong
Wedangan KitaNovember 24th, 2009 at 5:13 pm
Wah, lha kok ukuran softwarenya 27 MB, pikir2 dulu kalo mau download. gak ada software lain yang ukurannya lebih kecil ?
aldHieDecember 4th, 2009 at 4:39 am
Sungguh sangat berguna untuk saya ..
Terima kasih banyak mas Nurandreartha karena sudah berbagi pengetahuan dan ilmunya ..
GBU.
JhonnyDecember 13th, 2009 at 9:15 pm
aku coba convert MKV ke avi tapi subtitle jadi hilang setelah diconvert. Mohon solusinya utk masalah tersebut.
ardhanDecember 14th, 2009 at 10:52 am
Supaya file yang sudah kita ubah menjadi AVI masih ada subtitle ketika dimainkan di player, file Subtitle (*.srt) harus tetap kita sertakan dan letakan pada folder yang sama dengan file AVI nya…
LelouchDecember 24th, 2009 at 7:50 pm
Buat Jhonny
Untuk video yg disertai subtitle, coba gunakan software Format Factory
Link: http://www.formatoz.com/download.html
Caranya sama dengan software SUPER
nobodyDecember 25th, 2009 at 4:02 am
aku punya cara lain,…. ada yg mau mencobanya??, pakai mkv toolnix, MKVextractGUI, alltoavi
1. extract file video,audio dan subnya(ass) pakai MKVextract
2.convert file video pakai alltoavi
3.pakai MKV merge,……satukan semua file video,audio,ass
selesai,…hasil akhirnya file tetep type MKV tapi masih bisa lancar untuk dimankian di monitor berukuran 15″, hohohohohoho
smoga berguna,
ardhanDecember 26th, 2009 at 8:38 am
@nobody:
maaf masih kurang ngerti ma penjelasannya… kan targetnya mo jadiin file MKV menjadi AVI supaya bisa diputer di DVD player beneran, bukan DVD player yang ada di komputer…
kok ini malah hasil akhirnya tetep MKV ?
MahsunJanuary 2nd, 2010 at 2:38 pm
walah jajal disik iso gak he he he he
fajridetFebruary 13th, 2010 at 6:36 pm
tetep aja harus dikonvert ya :(
aku maunya MKV tapi bisa subtitle indonesia :p
soalnya kalo di konvert ke avi jadi tambah besar
sitok ikiMarch 22nd, 2010 at 9:23 am
KK.. kalo untuk mengakali suara yg tertinggal gmana y caranya?
Mohon pencerahannya..
jackAugust 17th, 2010 at 1:20 am
thanks brow info nya…
adadehSeptember 13th, 2010 at 9:53 pm
it works! terima kasih berat utk infonya :)
linkimOctober 8th, 2010 at 10:39 am
aku pengennya mkv sama subnya di merge dulu….. kalau sudah baru dicovert ke *.avi
bisa gak ya?
kang asepNovember 28th, 2010 at 5:26 pm
alhamdulilah akhirnya…hasilnya siip,hatur nuhun om hehe
temperatureDecember 11th, 2010 at 6:23 pm
di bikn avi dlu baru gabung sub… “)
ngebet ngonvertFebruary 4th, 2011 at 2:08 am
wahh thanx banget infonya.. akhirnya ketemu juga cara convert mkv ke avi yg ga ribet..
Aku mau merge subtitle alias hardsub .srt pake VirtualDubMode tapi format filenya mesti .avi
Sedangkan download film skrg kebanyakan formatnya .mkv semua.. haha
Kalo masalah ukuran filenya 27mb dibandingkan download film yang ratusan mega sih ga ada masalah klo menurutku..
Berguna banget om.. sukses selalu..

No Response to "Mengconvert file MKV menjadi AVI"

Leave A Reply